Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu error handling dan prosedur pengaturan (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services).

Tugas dari ICMP

ICMP menyediakan pengendalian error (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer.

Kegiatan yang berjalan di Internet dimonitor secara teliti oleh router. Jika terjadi seseuatu yang tidak diinginkan, kejadian tersebut akan dilaporkan oleh ICMP. ICMP mendeteksi kondisi error seperti kongesti/kemacetan internetwork (internetwork congestion) dan hubungan yang putus, lalu memberitahukan IP (Internet Protocol) dan protokol pada layer atas sehingga paket-paket dapat dikirimkan disekeliling area yang bermasalah.

Pesan-pesan ICMP (ICMP messages)

Setiap tipe pesan ICMP dienkapsulasi dalam paket IP (Internet Protocol). Tipe-tipe pesan ICMP tersebut adalah sebagai berikut:

Tipe Pesan Deskripsi
DESTINATION UNREACHABLE Paket tidak dapat dikirimkan
TIME EXCEEDED Time to live field mencapai 0
PARAMETER PROBLEM Header field tidak benar
SOURCE QUENCH Choke packet
REDIRECT Mengajarkan router tentang geografi
ECHO REQUEST Bertanya pada mesin apakah dalam keadaan
hidup
ECHO REPLY Jawaban bahwa mesin dalam keadaan hidup
TIMESTAMP REQUEST Sama seperti ECHO REQUEST, tapi
dengan timestamp
TIMESTAMP REPLY Sama seperti ECHO REPLY, tapi
dengan timestamp

Untuk penjelasan mengenai tipe-tipe pesan tersebut lihat pada bagian bawah ini:

• DESTINATION UNREACHABLE

Tipe pesan ini digunakan ketika subnet atau router tidak dapat menemukan tujuan, atau paket dengan

DF bit tidak dapat dikirimkan, karena “paket-kecil” jaringan berada pada jalur.

• TIME EXCEEDED

Tipe pesan ini akan dikirimkan ketika paket di-drop dikarenakan counter telah mencapai 0. Kejadian tersebut merupakan gejala bahwa terjadi looping pada paket, kemacetan yang sangat besar, atau pengatur waktu (timer) yang diatur terlalu rendah.

• PARAMETER PROBLEM

Tipe pesan ini menunjukkan bahwa nilai yang tidak sah (ilegal) telah terdeteksi pada header field. Masalah ini menunjukkan adanya bug pada software IP host pengirim, atau mungkin pada software router yang dilintasi oleh paket.

• SOURCE QUENCH

Tipe pesan ini tadinya digunakan untuk menghambat host yang mengirim terlalu banyak paket. Ketika host menerima pesan tersebut, diharapkan untuk memperlambatnya. Hal tersebut jarang dilakukan lagi karena ketika kemacetan (congestion) terjadi, paket tersebut cenderung untuk menambah kemacetan yang terjadi. Pengendalian kemacetan pada Internet sekarang sebagian besar ditangani pada transport layer.

• REDIRECT

Tipe pesan ini digunakan ketika router memperhatikan bahwa paket terlihat salah dikirimkan. Pesan ini digunakan router untuk memberitahu host pengirim tentang kemungkinan terjadinya error.

• ECHO REQUEST dan ECHO REPLY

Kedua tipe pesan ini digunakan untuk melihat apakah tujuan (destination) dapat dicapai dan dalam keadaan hidup. Pada saat mengirim ECHO REQUEST, tujuan (destination) diharapkan untuk mengirim balik ECHO REPLY yang menandakan tujuan dapat dicapai dan dalam keadaan hidup.

• TIMESTAMP REQUEST dan TIMESTAMP REPLY

TIMESTAMP REQUEST dan TIMESTAMP REPLY adalah serupa, mengharapkan waktu tiba dari pesan dan waktu keberangkatannya dicatat pada saat membalas. Fasilitas ini digunakan untuk mengetahui performance jaringan.

Referensi

1. “Networking Complete“, Sybex, 2000

2. S.Tanenbaum, Andrew, “Computer Networks 3th Edition“, Prentice Hall, 1996