Telnet bekerja pada port 23. Untuk menggunakan telnet pada jaringan LAN pastikan dahulu jaringan LAN sudah saling terhubung satu dengan yang lain. Tulisan ini membahas penggunaan telnet pada Windows XP, untuk menggunakan telnet pada windows xp silakan anda aktifkan dahulu service telnet. Caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke cpanel
  2. Administrative tools
  3. Service
  4. Pilih telnet
  5. Tekan properties
  6. Starup type automatic

bila telah selesai silakan coba menggunakan perintah telnet. Caranya, buka command prompt pada WinXP, ( sebagai contoh anda ingin melakukan remote ke komputer 2(dua) dari komputer 1(Satu)). ketik perintah pada command prompt:

c:\telnet dua

dua adalah nama komputer tujuan, silahkan sesuaikan dengan komputer anda. Setelah perintah diatas berhasil seharusnya akan muncul permintaan username dan password.

Bila anda berhasil login, maka prompt komputer 2 akan tampil.

Dari prompt tersebut kita bisa mengetikkan perintah misalnya shutdown -s untuk mematikan komputer 2.

Agar sesi telnet berhasil, perlu dilakukan beberapa hal terlebih dahulu

  1. Pastikan port 23 terbuka. Secara default port ini ditutup.
  2. Pastikan service telnet berjalan (ikuti langah di atas).
  3. Anda hanya dapat login dengan account administrator. Agar user lain dapat login juga, perlu dibuatkan TelnetClients group yang berisi nama-nama user yang hendak anda berikan akses telnet.
  4. Pastikan administrator dan  member dari  TelnetClients group ini dapat terhubung ke komputer tujuan menggunakan identitas login asli mereka bukan login sebagai guest.

(bersambung)

referensi:

1, 2, 3, 4, 5