Abstract

Teknologi WaveLAN adalah salah satu alternatif yang menarik untuk menghubungkan Jaringan Lokal ke Internet. Penggunaan WaveLAN akan memungkinkan kita membangun Metropolitan Area Network (MAN) dalam sebuah kota pada kecepatan 2Mbps secara mudah & murah.  Pembahasan ditekankan pada produk WaveLAN berkecepatan 2 Mbps yang saat ini digunakan di ITB.

Pendahuluan.

Wireless Spread Spectum Radio ialah sistem komunikasi wireless yang menawarkan pelayanan koneksi ke jaringan komputer. Sistem ini dapat digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan lokal (LAN) yang telah ada, dan dapat pula berfungsi secara independen. Produk ini juga dikenal dengan nama WaveLAN. Nama WaveLAN sendiri sebenarnya adalah salah satu nama dari produk dengan spesifikasi seperti ini. Vendor  yang membuat alat ini pun cukup beragam, beberapa diantaranya ialah

Aironet  “http://www.teleport.com/~nts/aironet/airotop.html”
Cylink Corporation “http://www.cylink.com/radio.html”
Karlnet, Inc “http://www.karlnet.com/wireless.html”
Lucent Technologies “http://wavelan.netland.nl/”
Solectek Corporation “http://www.solectek.com/”

Produk  Wireless Radio Spread Spectrum

Gambar Produk Wireless Radio Spread Spectrum dari Karlnet , Inc, yang terdiri dari PC 386, Card WaveLAN, card Ethernet, serta Antena.

Kemampuan yang ditawarkan oleh WaveLAN memungkinkan user untuk menikmati kinerja jaringan teknologi kabel dengan kemudahan instalasi serta kecepatan transfer data teknologi WaveLAN.

Wavelan sangat berguna untuk instalasi jaringan komputer secara cepat di tempat tempat dimana pemakaian kabel menjadi masalah, misalnya:

  • Daerah dimana pemasangan kabel sangat sulit
  • Lingkungan yang berubah dengan cepat. Pengecer, perusahaan manufaktur, bank, yang sering sekali menata kembali lokasinya. Dengan bantuan WaveLAN,  konfigurasi jaringan dapat digunakan tanpa biaya tambahan.
  • LAN sementara. LAN  seperti ini yang digunakan untuk event event tertentu, seperti  pameran komputer , Seminar Internasional dsb. Dengan bantuan WaveLAN , workstation di tempat pameran / Seminar dapat dihubungkan ke jaringan luar dengan kecepatan yang hampir sama dengan jaringan kabel biasa.
  • LAN untuk konsisi Darurat. Wireless LANs dapat digunakan untuk membenahi kembali jaringan secara cepat , setelah mengalami kerusakan fisik.
  • Jaringan Kampus Wireless. Koneksi kecepatan tinggi antara LAN dalam kampus menjadi sangat efektif dengan bantuan WaveLAN. WaveLAN dapat juga digunakan sebagi alternatif untuk menanggulangi mahalnya biaya leased line.
  • Jalur Komunikasi Internet Berkecepatan Tinggi. Anda tinggal menghubungkan LAN pada gedung anda dengan jaringan milik Provider Internet. Sekedar Info , Mulai bulan September tahun ini, ITB menjadi salah satu Gateway Internet tercepat di Indonesia (berkecepatan 2 Mbps; diharapkan pada tahun 1997 dapat dinaikan ke 4Mbps) dengan menggunakan Jalur Satelit JC-Sat dari AI3 (Asian Internet Interconnection Initiative) Jepang.. ITB melalui lembaga AI3 nya menyediakan jalur sambungan Internet kecepatan tinggi bagi instansi dan lembaga yang ada di Bandung dengan bantuan WaveLAN berkecepatan 2 Mbps.

Teknologi WaveLAN

WaveLAN menggunakan teknologi terbaru dalam transmisi data menggunakan media radio.  Teknologi tersebut dikenal sebagai Code Division Multiple Access (CDMA) yang bertumpu pada teknologi Direct Squence Spread Spectrum (DS-SS) yang diturunkan dari teknologi militer Amerika Serikat untuk transmisi data yang tidak mudah dilacak maupun tidak mengganggu transmisi yang ada. Ada dua buah frekwensi yang saat ini yang digunakan oleh WaveLAN yaitu 915 Mhz dan 2.4 Ghz.
Penggunaan WaveLAN di berbagai negara di luar negeri tidak memerlukan ijin frekwensi. Hal ini dimungkinkan karena WaveLAN menggunakan teknologi Direct Sequence Spread Spectrum, yang memungkinkannya tidak terdeteksi (apalagi mengganggu) pemancar serta penerima radio pada frekwensi yang sama. WaveLAN ini beroperasi pada band frekuensi ISM (Industrial , Scientific & Medical  Band) , yaitu 915 Megahertz dan 2.4 Gigahertz – peralatan yang menggunakan frekuensi ISM-Band sebetulnya dapat dioperasikan tanpa perlu meminta ijin frekuensi (terutama di negara maju).
Dengan menggunakan sebuah kode yang unik, sinyal informasi dipancarkan tersebar di beberapa frekwensi secara bersamaan. Karena disebar, maka daya sinyal di tiap tiap frekwensi tersebut menjadi sangat kecil. Sehingga hampir tak bisa dibedakan dengan noise / derau. Sinyal informasi yang seperti ini hanya bisa dideteksi oleh penerima yang memiliki kode penyebar yang sama pula. Dengan demikian, sinyal informasi ini tahan terhadap berbagai macam gangguan / interferensi sinyal lainnya. Dengan menggunakan teknik ini, WaveLAN merupakan alat komunikasi yang andal serta terlindungi dari penyadapan.

Kemampuan, Jarak jangkau, dan Kecepatan

Radio Spread Spectrum Wireless memiliki kecepatan transmisi yang beragam , dari mulai 19 Kbps .hingga 2 Mbps. WaveLAN yang kami gunakan di ITB ialah buatan Karlnet Inc. ( KarlBridge) dengan kecepatan 2 Mbps. Jarak jangkau antara 2 Wavelan ini bisa mencapai 30 mil. Selain menjadi alat komunikasi point to point , beberapa produk WaveLAN juga bisa digunakan untuk komunikasi Point to Multipoint. Hal ini dilakukan dengan menggunakan satu WaveLAN dengan daya yang lebih besar berfungsi sebagai Base Station.

Proses Instalasi

Proses Instalasi WaveLAN sendiri Sangat Mudah. Sebagai contoh bisa dikemukakan pengalaman kami di ITB ketika menginstalasi KarlBrigde , Produk WaveLAN dari Karlnet antara Gedung Pusat Antar Universitas  ITB dan Divisi Risti PT Telkom. Peralatan WaveLAN yang digunakan di ITB merupakan sumbangan dari PT. Compact Microwave Indonesia (CMI) untuk di coba. Yang perlu dilakukan hanyalah mengarahkan antena secara tepat antara kedua titik pemasangan. Informasi pengarahan posisi bisa  dilakukan secara manual dengan melihat di peta atau dengan menggunakan bantuan peralatan GPS . Setelah Antena diarahkan, kita tinggal melihat dilayar monitor, berapa persen sinyal yang bisa diterima serta bagaimana kualitas sinyal tersebut. Jika kurang memuaskan, arah antena bisa diubah hingga kualitas sinyal benar benar baik.

Features Lain dari WaveLAN

Sebenarnya isi dari produk Wireless Bridge kebanyakan tidak lebih dari sebuah PC yang diperlengkapi dengan sebuah card Ethernet dan Card WaveLAN, serta sebuah antena. Jadi jika kita bisa mendapatkan kit Card WaveLAN ini , kita bisa memfungsikan PC yang kita punyai sebagai Wireless Brigde. Tentu saja PC ini harus menjalankan Device Driver untuk WaveLAN. Saat ini Device Driver tersebut telah tersedia untuk sistem operasi  Window 95 MS-DOS, Windows 3.x, Windows NT dan OS/2. Device Driver ini bisa di ambil secara gratis di alamat berikut:

http://wavelan.netland.nl

Sepengetahuan kami , yang menyediakan Kit Wavelan Ini ialah

Karlnet,Inc.(http ://www.karlnet.com)

Untuk referensi lengkap tentang berbagai produk Wireless Radio Spread Spectrum, anda bisa melihat di

http://hydra.carleton.ca/info/wlan.html

Demikianlah sepintas informasi tentang WaveLAN yang memungkinkan kita untuk membangun jaringan Wide Area Network (WAN) berkecepatan 2Mbps dalam sebuah kota secara mudah dan murah. Mudah mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

ditulis oleh: Adnan Basalamah, OnnoW. Purbo
(Computer Network Research Group (CNRG) ITB.)