Sebagai sebuah server, IPCop dapat dioperasikan tanpa keyboard dan monitor. untuk melakukan berbagai konfigurasi yang membutuhkan terminal (bukan via web GUI) kita dapat meremote-nya melalui komputer lain, misalnya komputer Windows. Untuk itu kita memutuhkan 2 tool, yaitu:

  1. WinSCP. Merupakan  tool SFTP, FTP and SCP client untuk Windows. Software-nya bisa didownload secara gratis di sini.
  2. Putty. Merupakan tool SSH and telnet client untuk Windows. Juga secara gratis bisa didownload disini.

Install WinSCP dengan cara biasa, kemudian untuk putty, buat folder dengan nama putty di C:/Program Files/, terus tempatkan file putty (putty.exe) di folder tersebut.

1. Bukalah WinSCP. tampilannya sebagai berikut:

2. Untuk login, silahkan masukkan IP lokal (green) IPCop di bagian host name. Ganti port number dengan 222 (default port IPCop).  Isikan username dengan root berikut passwordnya. kemudian klik tombol Login.

3. Bila muncul jendela warning, klik yes saja. Berikut adalah tampilan WinSCP yang aktiv

Ada 2 tampilan kolom dalam winscp. Kolom kiri merupakan susunan direktori (folder) komputer windows kita, sementara yg disebelah kanan adalah direktori server IPCop yang secara default aktif di /root.

Dari sini kita bisa megirimkan (copy) file yang ada di mesin windows kita ke IPCop. Biasanya hal ini kita gunakan saat hendak menginstall add-on.

Untuk memulai sesi Putty:

1. Silahkan anda klik tombol yang dilingkari merah pada gambar diatas. Jika muncul jendela warning klik yes saja.

2. Ketikkan password rootnya, dan anda telah berada di terminal IPCop via remote dari mesin Windows

Tentu saja untuk dapat bekerja dengan terminal seperti putty anda harus familiar dengan command-command linux. Namun jangan kuatir, biasanya pemanfaatan terminal di IPCop sebagian besar untuk instalasi add-on, yang mana command-command-nya sudah disertakan oleh pembuat add-on tersebut. Kita tinggal baca dan LAKSANAKAN!!.

Semoga membantu.