Bila anda memiliki 2 komputer atau lebih, tentu anda tertarik untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut, dan mendapatkan manfaat lebih. Minimal bisa maen game bareng. Lebih seru, suer!.

Bagaimana sih caranya agar komputer-komputer tersebut dapat terhubung? mudah kok anda tidak perlu mendatangkan pakar jaringan atau hacker, kerjakan aja sendiri.

Oke simak kebutuhan-kebutuhannya.

1.  LAN Card. Komputer anda masing-masing butuh sebuah Lan card atau (NIC). Untungnya, komputer produksi sekarang (mulai kelas pentium III-akhir) telah dilengkapi lan card onboard sejak dari pabrik. Bentuk port-nya (colokan) di belakang komputer seperti ini.

Bila anda tidak menjumpai colokan seperti itu, berarti anda butuh Lan card yang offboard (lepas) yang kemudian musti dipasang di komputer. Bentuknya seperti ini.

2. Kabel UTP-5 atu UTP-5e. Bentuknya seperti ini

3. RJ-45. Bentuknya seperti ini

benda ini nanti bakal kita sambungkan dengan kabel UTP-5e hingga membentuk seperti gambar di bawah ini.

Untuk menancapkannya ada tata caranya lho. Nanti saya jelaskan dalam artikel lain. Jumlah RJ-45 yang dibutuhkan tergantung jumlah komputer. Jika hanya dua komputer cukup sediakan 2 (atau lebih sebagai cadangan). Jika lebih dari dua, sediakan sebanyak jumlah komputer dikali 2.

4. Switch (bila komputer lebih dari dua)

Beli switch dengan jumlah port sesuai kebutuhan. 1 port untuk 1 komputer.

5. Tang Crimping. untuk memasangkan RJ-45 ke kabel UTP-5

Harganya agak mahal bila dibandingkan dengan pemakaiannya yang mungkin hanya sekali dua-kali. Bila ingin lebih hemat, sebenarnya beberapa toko komputer menyediakan kabel UTP-5 lengkap dengan RJ-45 terpasang siap pakai dalam berbagai ukuran panjang atau bisa pesan sesuai kebutuhan.

Nah, jika anda telah memiliki peralata yang lengkap, saatnya anda mem”paralel”kan komputer-komputer anda  membentuk sebuah jaringan. Ingat, jaringan komputer tidak hanya buat keperluan game saja, namun juga bisa buat membagi koneksi internet, memakai printer bersama-sama, bahkan CD-rom dan media penyipanan data lainnya, dsb.