Sumber: xkcd.com/705/

SysAdmin? Siapakah dia?. Dialah administrator dari sistem, dialah yang merawat dan menjamin sebuah sistem berjalan dengan baik. Untuk yang belum kenal dekat, mungkin rekan-rekan dari SysAdmin hanya akan identik dengan penanganan virus di komputer, mengganti monitor atau upgrade PC.

Seorang sysadmin yang mengeluarkan server website ini dari kotaknya, menginstallnya dengan sistem operasi, mempatchnya demi keamanan, memastikan kelistrikan dan pendinginnya bekerja dengan baik pada ruang server, memonitor kestabilannya, memasang software, dan tetap melakukan backups untuk berjaga – jaga bila suatu saat ada yang salah. Semua semata – mata adalah untuk menampilkan halaman web ini.

Seorang sysadmin juga yang memasang router, kabel, mengkonfigurasi jaringan, memasang firewalls, mengawasi dan mengurus setiap hop jaringan yang berjalan diatas tembaga (kabel), serat optik, dan bahkan diudara untuk memberikan Internet sampai kekomputer anda. Semua untuk memastikan sebuah halaman web dapat menemukan jalannya mulai dari server sampai kekomputer anda.

Seorang sysadmin memastikan koneksi jaringan anda aman, terjamin, terbuka, dan bekerja dengan baik. Seorang sysadmin memastikan komputer anda bekerja didalam lingkungan yang sehat dan didalam jaringan yang sehat. Seorang sysadmin melakukan backup untuk berjaga – jaga terhadap bencana yang dapat dilakukan manusia dan ataupun lain sebagainya, menghadang crackers dan ancaman keamanan pada pintu masuk, dan tetap menjalankan printers sebagai mana mestinya agar tetap dapat mencetak sebanyak apapun faktur pajak yang dicetak oleh bagian akunting.

Seorang sysadmin tidak hanya khawatir terhadap spam, virus, spyware, tetapi juga dengan kekurangan listrik, kebakaran dan banjir.

Ketika email server menjadi mati pada pukul 2 pagi dihari senin, sysadmin anda bangun dan langsung pergi bekerja.

Sysadmin adalah seorang professional, yang merencanakan, mengkhawatirkan, hacks, memperbaiki, mendorong, menyokong, melindungi dan membuat jaringan komputer yang baik, untuk memberikan data anda, untuk membantu pekerjaan anda — untuk memberikan semua potensi komputer agar lebih dekat dengan kenyataan.

Jadi kalau anda membaca ini, berterimakasihlah pada sysadmin anda — dan pahamilah bahwa dia dan hanya dia yang dapat memberikan semua kemungkinan sehingga anda dapat menerima email dari tante anda di West Coast, pesan singkat (IM) dari anak anda dikampus, panggilan telepon gratis dari teman anda diAustralia, dan menampilkan halaman web ini.

Tunjukanlah penghargaan anda.

Setiap 31 Jul1 adalah perayaan Hari Penghargaan System Administrator (System Administrator Appreciation Day). Pada hari spesial internasional ini, berikanlah kepada System Administrator anda yang dapat menunjukkan penghargaan anda atas kerja keras dan dedikasi mereka.

Akui saja, System Administrators kurang mendapat rasa hormat selama 364 hari setiap tahun. Ini adalah hari dimana semua teman – teman System Administrators diseluruh dunia, akan sinari dengan mobil sport mahal dan setumpuk uang cash untuk penghargaan atas ketekunan kerja mereka. Tetapi sebenarnya, kita diminta memberi pemberian tanda/bukti yang bagus dan juga pengakuan publik. Setidaknya sesuatu yang dapat kamu lakukan untuk mereka.

Mengingat seluruh pekerjaan dengan tekanan yang berat dan jam kerja yang panjang (bahkan diakhir minggu). Jujur saja, kadang kita kurang mengenal System Administrators kita dengan baik sebagaimana mereka mengenal kita. Ingatlah satu hari ini kesempatan untuk mengenali System Administrators anda untuk kontribusi mereka ditempat kerja dan untuk mempromosikan keunggulan profesional yang dimiliki. Berterimakasih lah kepada mereka untuk semua hal yang mereka lakukan untuk anda dan bisnis anda.

(artikel ini diadopsi dari sini. )